Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi kemerdekaan merupakan peristiwa yang sangat bermakna bagi bangsa Indonesia. Hal ini merupakan puncak perjuangan melawan penjajah. Mengingat begitu pentingnya peristiwa ini, tentulah banyak sekali makna dari peristiwa proklamasi tersebut. Makna proklamasi kemerdekaan tersebut diantaranya :

  • Sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia
Indonesia melawan pemjajah selama kurang lebih 3,5 abad. Banyak sekali korban jiwa dalam perjuangan melalwan penjajah. Dengan diproklamirkannya kemerdekaan ini segala pengorbanan dan tumpah darah para pejuang ni dapat terbayar. 
  • Menjadi pernyataan de facto dan de jure
Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi pengakuan ke negara luar bahwa Indonesia merupakan negara yag telah merdeka dan terbebas dari penjajahan. Pernyataan ini disebut pernyataan de facto. Ketika sebuah negara memproklamirkan kemerdekaannya dan negara lain mengakui akan kemerdekaan tersebut maka disebut de jure. Jadi de jure merupakan pengakuan dari negara lain.
  • Meningkatkan martabat bangsa
Saat masih terjajah, Indonesia merupakan negara yang tertindas bahkan dianggap bukan sebuah negara oleh kaum penjajah. Dengan prokalamasi kemerdekaan, Indonesia bangkit menjadi negara yang bermartabat, sehingga dapat meningkatkan harkat dan derajadnya setara dengan bangsa lainnya di dunia.
  • Awal pejuangan negara baru
Sebagai  negara yang merdeka, Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri. Generasi penerus bangsa yang terdiri atas pemerintah dan rakyat harus bekerja sama membangun Indonesia sesuai dengan tujuan negara Indonesia yaitu memajukan kesejahteraan  umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,dan ikut melaksanakan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 
  • Tonggak sejarah negara Indonesia
Proklamasi merupakan sejarah lahirnya sebuah negara bernama Indonesia. Sebagai negara yang merdeka, Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri dan tidak dijajah oleh negara lain. 


Tugas:
Nah, anak-anakku demikian makna proklamasi bagi kita semua. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, kerjakanlah tugas pada link berikut.

Jawaban maksimal dikumpulkan pukul 21.00 pada hari yang sama ya, Nak. Semangat belajar selalu.



 

Posting Komentar untuk "Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"