Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes Pendalaman Materi Kelas VI Literasi Sains 2

 

Tes Pendalaman Materi

Tes Pendalaman Materi Kelas VI Literasi Sains 2


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

1. Pada setiap ekosistem terdapat dua komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik terdiri dari makhluk hidup. Komponen abiotik terdiri dari benda-benda tak hidup seperti air, tanah, udara, cahaya matahari, suhu dan kelembaban. Pada ekosistem sawah terdapat komponen biotik seperti tanaman padi, ular, belalang, dan burung prenjak. Komponen biotik tersebut terjadi interaksi sehingga membentuk suatu rantai makanan. Jika populasi katak menurun karena perburuan manusia, maka makhluk hidup yang dapat menggantikan kedudukannya adalah …. (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024

A. berang-berang

B. katak

C. musang

D. tikus


2. Makhluk hidup yang bersimbiosis saling berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksinya ada pihak yang diuntungkan, dirugikan, ada juga yang tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh simbiosis terjadi pada tumbuhan tanduk rusa yang hidup menempel pada tumbuhan mangga.

Keuntungan yang diperoleh tumbuhan tanduk rusa dalam simbiosis tersebut adalah …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.  mendapatkan tempat hidup dan mudah memperoleh sinar matahari

B.  terbantu penyerbukannya dan mendapatkan sari makanan

C.  mudah mendapatkan sinar matahari dan sari makanan

D.  mendapatkan sari makanan dan tempat hidup


3.  Adaptasi pada makhluk hidup adalah salah satu bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Adaptasi muncul dari morfologi dan fisiologi tumbuhan itu sendiri. Fungsi dari adaptasi adalah lolos dari adanya seleksi alam. Beberapa contoh tumbuhan yang beradaptasi seperti tampak pada tabel berikut.

No

Tumbuhan

(I)

teratai

(II)

eceng gondok

(III)

salak

(IV)

putri malu

(V)

bougenville

 

Tumbuhan yang memiliki kesamaan cara adaptasi dalam menghindarkan diri terhadap predator ditunjukkan dengan nomor …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 2- 2022 / 2023)

A.  (I), (II), dan (III)

B.  (I), (III), dan (V)

C. (II), (III), dan (IV)

D. (III), (IV), dan (V)


4. Di padang rumput makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya. Makhluk hidup yang ada di dalamnya dan saling berinteraksi membentuk rantai akanan antara lain rusa, singa, rumput, dan banteng.

Jika populasi singa dan rusa mengalami kepunahan, hewan lain yang dapat menggantikan perannya dalam rantai makanan tersebut secara berurutan adalah….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 3- 2022 / 2023)

A.    hyena dan ular phyton

B.    cheetah dan kudanil

C.   ular phyton dan kudanil

D.   hyena dan zebra


5. Meningkatnya sampah masker sekali pakai menjadikan permasalahan baru sejak munculnya pandemi Covid-19. Pasalnya, sampah ini masuk daftar salah satu jenis sampah yang sulit diurai karena membutuhkan waktu hingga ratusan tahun. Jika dibiarkan, hal tersebut akan berakibat buruk terhadap lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan upaya agar dampak terhadap kerusakan lingkungan tidak semakin parah. Beberapa upaya pencegahan dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

(1)  mengumpulkan kembali masker bekas sekali pakai

(2)  melakukan disinfeksi terhadap masker bekas

(3)  mengubah bentuk masker untuk dimanfaatkan kembali

(4)  membuang ke tempat sampah khusus setelah disinfeksi

(5)  mengganti penggunaan masker sekali pakai setiap satu jam

Upaya yang tepat untuk mencegah kerusakan lingkungan semakin parah ditunjukkan oleh nomor …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Luar DIY- 2022 / 2023)

A.    (1), (2), dan (3)

B.    (2), (4), dan (5)

C.   (2) dan (4)

D.   (3) dan (5)


6. Tubuh tumbuhan terdiri dari berbagai bagian. Setiap bagian memiliki fungsi tertentu. Salah satu contohnya bunga lili yang memiliki bagian-bagian sebagai berikut.


Tes Pendalaman Materi

Bagian yang berfungsi untuk alat perkembangbiakan vegetatif dan tempat menyimpan cadangan makanan ditunjukkan oleh huruf…. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Susulan- 2022 / 2023)

A.    V

B.    W

C.   X

D.   Y


7. Metamorfosis adalah proses biologi di mana hewan secara fisik mengalami perkembangan setelah dilahirkan atau menetas. Metamorfosis pada hewan ada 2 macam, yaitu metamorfosis sempurna yang dalam perkembangan menuju dewasa hewan tersebut akan mengalami perubahan bentuk, penampilan dan perilaku. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna proses perubahan bentuk hewan hanya terjadi dalam beberapa tahapan.

Berikut adalah gambar beberapa hewan yang mengalami metamorfosis :

Metamorfosis

Dari gambar tersebut, hewan-hewan yang memiliki daur hidup yang sama adalah ….(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3, 4, dan 5

C. 3 dan 4

D. 3, 4, dan 5


8.Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati alat gerak hewan dan fungsinya. Guru menunjukkan gambar hewan di depan kelas. Gambar hewan yang ditunjukkan guru sebagai berikut.

Alat gerak ikan


Naira membuat tabel yang berisikan alat gerak dan fungsi dari hewan yang ditunjukkan oleh guru. Berikut tabel hasil dari pengamatan Naira.

No

Alat Gerak

Fungsi

1

Sirip Punggung

menjaga posisi ikan tetap tegak dan tidak terbalik

2

Sirip Ekor

menggerakkan ikan maju dan mundur

3

Sirip Dubur

Menggerakkan ikan untuk berbelok ke kanan dan ke kiri

4

Sirip Perut

menyeimbangkan posisi ikan serta mengatur ketinggian ikan di dalam air

5

Sirip Pektoral

navigasi berbelok ke kanan dan ke kiri

 

Pasangan antara alat gerak dan fungsi yang tepat dari hasil pengamatan Naira ditunjukkan oleh nomor ….        (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A. 1 dan 3

B. 1 dan 4

C. C. 1, 2, dan 4

D   D.1, 2, dan 5


9. Sendi merupakan bagian tubuh yang menghubungkan antara dua tulang dan membantu tubuh bergerak. Selain sebagai penghubung tulang, sendi juga memberikan fleksibilitas untuk bergerak. Sendi menyerupai bantalan yang letaknya di antara tulang-tulang kita. Berdasarkan arah gerakannya, sendi terdiri dari berbagai macam antara lain : sendi geser, sendi engsel, sendi putar, sendi peluru, dan sendi pelana. Sendi geser arah gerakan menggeser tulang lain. Sendi engsel memungkinkan pergerakan satu arah. Pada Sendi putar salah satu ujung tulang membuat Gerakan berputar pada ujung tulang lain. Sendi peluru bisa bergerak ke segala arah. Sendi pelana mampu membuat gerakan dua arah, yaitu bergerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri.

Bagian tubuh yang bisa bergerak ke segala arah adalah …. (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

A.    antara tulang lengan atas dan gelang bahu

B.    tulang pangkal ibu jari

  1. antara tulang leher dan tulang tengkorak 
  2. tulang lutut


10.  Makhluk hidup yang tinggal dalam suatu habitat memiliki organ pernapasan yang berbeda-beda.  Hewan satu dengan yang lain dalam habitat tersebut memiliki perbedaan maupun kesamaan organ pernapasan. Berikut beberapa hewan yang tinggal dalam habitat yang sama.

Pernapasan Hewan

Hewan-hewan yang dapat dikelompokkan berdasarkan kesamaan organ pernapasan ditunjukkan nomor …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.    (I), (II), dan (III)

B.    (I), (III), dan (IV)

C.   (II), (III), dan (IV)

D.   (II), (III), dan (V


11. Organ pencernaan memiliki peran dan fungsi utama untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan akan mengalami proses pencernaan, baik secara mekanik maupun secara kimia. Organ yang berperan dalam proses pencernaan makanan tampak seperti gambar berikut.


Sistem pencernaan


Proses pencernaan yang terjadi pada organ yang ditunjuk huruf X adalah …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 2- 2022 / 2023)

A.    pemecahan zat tepung menjadi zat gula

B.    pengubahan protein menjadi pepton

C.   penyerapan zat gizi yang dibutuhkan tubuh

D.   penghancuran lemak oleh empedu



12. Edo bermain kasti bersama teman-temannya. Salah satu bagian persendian Edo mengalami cedera disaat menangkap bola. Setelah kesakitan ia segera periksa ke dokter kemudian disarankan agar beristirahat untuk pemulihan cedera. Bagian persendian Edo yang mengalami cedera seperti tampak pada gambar berikut.



Sendi

Bagian tubuh manusia yang memiliki sendi seperti pada bagian cedera tersebut adalah …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 3- 2022 / 2023)

A.    tulang paha dengan tulang panggul

B.    antar tulang tengkorak dan tulang atlas

C.   persendian tulang tumit dengan tulang kering

D.   persendian antara tulang lengan atas dan gelang bahu



13. Pak Hasan merasa nyeri di dada sebelah kiri, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, dan mudah lelah. Setelah mengalami kondisi tersebut, ia menyadari aktivitasnya selama ini sebagai berikut:

 

No

Aktivitas

(I)

mengonsumsi minuman bersoda

(II)

melakukan olahraga berat setiap hari

(III)

mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin

(IV)

melakukan istirahat yang cukup

(V)

mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi

 

Aktivitas yang tepat untuk mencegah gangguan kesehatan Pak Hasan ditunjukkan nomor …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Luar DIY- 2022 / 2023)

A.    (I), (II) dan (III)

B.    (I), (III), dan (V)

C.   (II), (III), dan (IV)

D.   (III), (IV), dan (V)



14.  Perhatikan gambar berikut

Peredaran darah

Mekanisme peredaran darah yang terjadi pada bagian nomor 8 → 3 → 10 → 2 → 5 adalah …. (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

  1. bilik kanan memompa darah miskin oksigen ke paru-paru, kemudian darah kaya oksigen mengalir ke serambi kiri
  2. bilik kiri memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kemudian darah kaya karbondioksida mengalir ke serambi kanan
  3. bilik kiri memompa darah miskin oksigen ke seluruh tubuh, kemudian darah kaya karbondioksida mengalir ke serambi kanan
  4. bilik kiri memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, kemudian darah miskin karbondioksida mengalir ke serambi kanan


15. Salah satu ciri makhluk hidup yaitu mampu berkembang biak. Setiap makhluk hidup memiliki cara perkembangbiakan yang berbeda. Manusia hanya bisa berkembang biak secara generatif. Sementara itu, hewan dan tumbuhan dapat berkembangbiak dengan cara generatif maupun vegetatif sebagaimana hewan berikut.


Perkembangbiakan hewan

Kelompok hewan yang memiliki kesamaan cara perkembangbiakan ditunjukkan gambar nomor . . .(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Luar DIY- 2022 / 2023)

A.     1, 4, dan 6

B.     1, 5, dan 6

C.     2, 3, dan 5

D.     4, 5, dan 6



16. Perkembangan manusia menuju dewasa ditandai dengan perubahan fisik maupun non fisik.  Perubahan-perubahan yang terjadi antara lain sebagai berikut: 

(1)  mulai tertarik dengan lawan jenis

(2)  organ reproduksi sudah menghasilkan sel telur

(3)  tumbuh rambut di sekitar kemaluan

(4)  organ reproduksi mulai menghasilkan sperma

(5)  suara memberat dan tumbuh jakun

(6)  tumbuh jerawat di sekitar wajah

 

Ciri-ciri primer yang dialami oleh laki-laki dan perempuan pada masa puber secara berturut-turut ditunjukkan nomor …. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Susulan- 2022 / 2023)

A.    (2) dan (4)

B.    (3) dan (4)

C.   (3), (4), dan (6)

D.   (4), (5), dan (6)



17.  Haikal membuat ketapel untuk bermain. Haikal ingin ketapelnya dapat melontarkan batu sejauh mungkin. Ia harus pandai memilih bahan baku agar ketapel sesuai dengan keinginannya. Ia ingin menggunakan bahan terbaik untuk bagian ketapel yang ditunjuk anak panah pada gambar berikut.

Ketapel

Bahan memiliki sifat-sifat tertentu. Berikut beberapa sifat-sifat benda dalam kehidupan sehari-hari.

I

tembus pandang

II

lentur

III

elastis

IV

kuat

V

tidak mudah putus

VI

halus

 Sifat-sifat bahan pada gambar yang ditandai anak panah sesuai nomor … (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A. I, III, dan V

B. II, III, dan V

C. II, III, IV, dan VI

D. II, III, IV, V, dan VI


18. Ibu ingin membuat masakan dengan panci bergagang. Saat mengambil panci ternyata gagangnya lepas. Ibu meminta tolong kepada ayah untuk memasang gagang baru untuk menggantinya. Ayah mengambil bahan di sekitar rumah dan menemukan sepotong kayu bekas kursi. Bahan memiliki sifat-sifat tertentu. Berikut beberapa sifat-sifat benda dalam kehidupan sehari-hari.

 

I

isolator

II

konduktor

III

elastis

IV

mudah dibentuk

V

berwarna mengkilat

VI

kuat

Bahan yang digunakan ayah untuk membuat gagang panci memiliki sifat-sifat bahan sesuai nomor …(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

A.    I, III, dan V

B.    I, IV, dan VI

C.    II, III, IV, dan VI

D.    II, III, IV, V, dan VI


19. Perubahan wujud benda terjadi pada benda padat, cair, dan gas yang dapat dipengaruhi oleh kalor. Berikut perubahan wujud benda terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

(1)  munculnya butiran air di daun saat pagi hari meskipun tidak ada hujan

(2)  terbentuknya uap air pada peristiwa evaporasi dalam siklus air

(3)  dedaunan yang mengering meskipun saat pagi hari tampak basah

(4)  terbentuknya salju saat musim dingin di wilayah tertentu

(5)  terlihatnya kabut saat pagi hari di daerah pegunungan

 

Peristiwa yang memiliki kesamaan perubahan wujud benda ditunjukkan nomor ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.    (1), (2), dan (3)

B.    (2), (3), dan (4)

C.   (2) dan (3)

D.   (3) dan (5)


20. Pemuaian adalah peristiwa bertambahnya volume benda akibat kenaikan suhu. Peristiwa pemuaian banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tambang jemuran yang memuai saat cuaca terik. Kartu-kartu berikut berisi tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.


Pemuaian

Kartu yang berisi peristiwa pemuaian ditunjukkan nomor…. (ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 2- 2022 / 2023)

  1. I, II, dan III
  2. I, III, dan IV
  3. II, III, dan V
  4. III, IV, dan V

21. Siswa melakukan percobaan perpindahan kalor pada tiga buah logam. Logam-logam tersebut berbentuk silinder dengan panjang dan diameter sama. Pada salah satu ujung logam diberi margarin dan biji hijau ditempelkan pada margarin tersebut. Langkah selanjutnya adalah memasukkan logam-logam tersebut ke dalam air panas, kemudian stopwatch dinyalakan. Setelah ada kacang hijau yang jatuh, stopwatch ditekan sehingga waktu kacang hijau jatuh dapat diketahui.  Percobaan tersebut dapat dilihat pada gambar berikut

 



Waktu yang diperlukan hingga biji kacang hijau jatuh seperti tampak pada tabel berikut.

Nama Bahan

Waktu Hingga Kacang Hijau Jatuh

(detik)

logam 1

9,9

logam 2

5,1

logam 3

122,7

 

Kesimpulan yang tepat berdasarkan hasil percobaan tersebut adalah ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 3- 2022 / 2023)

A.  logam 1 termasuk konduktor yang lebih baik daripada logam 2

B.  logam 2 merupakan konduktor panas yang paling baik

C. logam 3 memiliki daya hantar panas paling baik

D. logam 3 merupakan konduktor yang lebih baik dari logam 1


22. Gaya yang mengenai suatu benda akan menimbulkan berbagai pengaruh. Pengaruh tersebut antara lain mengubah bentuk, menggerakkan, menghentikan gerak, mengubah kecepatan gerak, dan mengubah arah gerak benda. Berikut ini beberapa kegiatan yang menunjukkan adanya pengaruh gaya terhadap benda.

No

Nama kegiatan

(1)

memahat patung

(2)

memantulkan bola di dinding

(3)

menangkap buah jatuh

(4)

menggunting kertas

(5)

menendang bola

(6)

melipat baju

 

Kegiatan yang memiliki kesamaan pengaruh gaya terhadap benda ditunjukkan nomor ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Luar DIY- 2022 / 2023)

A.    (1), (2), dan (3)

B.    (1), (4), dan (6)

C.   (2), (3), dan (4)

D.   (2), (5), dan (6)

 

23. Abram mengikuti ujian praktik IPA. Ia diminta membuat rangkaian listrik. Rangkaian tersebut tampak pada gambar berikut.

Listrik


Abram diminta guru untuk membuka saklar S1, sedangkan saklar S2 ditutup. 

Kondisi lampu yang tepat sesuai apa yang dilakukan Abram terhadap rangkaian listriknya adalah ....(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A. Lampu L2 dan L3 menyala sedangkan lampu L1, L2, L4, dan L5 padam

B. Lampu L1, L2, L3 padam sedangkan lampu L4 dan L5 menyala

C. Lampu L2, L4, L5 padam sedangkan lampu L1 dan L3 menyala

D. Lampu L2, L3, L4, L5 menyala sedangkan lampu L1 padam


24. Bu Erni menggunakan pointer saat mengajar di kelas untuk mempermudah ketika melakukan kegiatan presentasi. Pointer merupakan alat penunjuk tulisan yang memancarkan sinar laser berwarna tertentu seperti tampak pada gambar berikut.


Sifat cahaya

Alat-alat yang memiliki kesamaan perubahan bentuk energi ketika digunakan adalah ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Susulan- 2022 / 2023)

A.    LED dan proyektor

B.    lampu pijar dan televisi

C.   senter dan thermogun

D.   jam tangan digital dan bel

 

25. Krisis Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di berbagai wilayah Indonesia masih berlanjut. Para sopir truk harus mengantre demi mendapatkan solar seperti gambar berikut.

Truk

Berdasarkan kasus tersebut, upaya penggunaan energi alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah …(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Susulan- 2022 / 2023)

A.    pemanfatan gas alam

B.    pembuatan bioetanol dari biji jarak

C.   pembuatan briket dari sisa tumbuhan

D.   penggunaan biodiesel untuk kendaraan



26.  Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Kata magnet sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu magnítis líthos yang memiliki arti batu dari Magnesia,  di wilayah tersebut memiliki kandungan batu magnet. Magnesia itu sendiri merupakan sebuah wilayah di Anatolia pada masa lalu yang saat ini bernama Manisa. Magnet memiliki berbagai macam bentuk antara lain batang, ladam, jarum, dan silinder. Magnet juga memiliki sifat-sifat seperti pada tabel berikut:

I

Memiliki medan magnet

II

Magnet dapat menarik benda-benda magnetik

III

Kutub tidak senama jika didekatkan tarik menarik

IV

Gaya tarik magnet terkuat berada pada kutub-kutubnya

Gaya magnet dapat menembus benda tertentu


Sifat magnet dapat dibuktikan melalui percobaan seperti gambar berikut:

Magnet

Sifat magnet yang sesuai dengan percobaan tersebut ditunjukkan nomor ....(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

  1. I dan II
  2. II, III, dan IV
  3. II, IV, dan V
  4. II, III, IV, dan V

26. Ani sedang bersepeda beriringan dengan Dina menuju ke sekolah. Ani berada di depan dan Dina berada di belakang. Dina berusaha sekuat tenaga untuk mengayuh sepedanya  lebih cepat agar Dina bisa menyalip Ani. Ketika di jalan menurun Dina akhirnya bisa menyalip Ani. Tiba-tiba setelah berhasil menyalip ada seekor ular yang melintas. Dina pun kaget kemudian mengerem sepeda sekuat tenaga. Melihat Dina mengerem, Ani juga ikut mengerem sepedanya. Karena jarak yang terlalu dekat, sepeda Dina tertabrak oleh sepeda  Ani dan sepatbor belakang sepeda Dina patah.  Peristiwa yang menunjukkan gaya mengubah kecepatan sesuai ilustrasi tersebut adalah …… (TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

A.    Ani mengerem sepeda dan Dina berhasil menyalip Ani

  1. Ani mengerem sepeda dan sepatbor Dina patah
  2. Dina dan Ani bersepeda beriringan
  3. Sepatbor sepeda Dina patah

27.  Perhatikan gambar berikut!

Dinamo

Dinamo adalah pembangkit listrik yang sederhana, biasanya digunakan pada sepeda. Pada saat ini jarang kita menemui sepeda yang menggunakan dinamo tersebut. Dinamo digunakan untuk menyalakan lampu. Caranya ialah bagian atas dinamo dihubungkan ke roda sepeda. Pada proses itulah terjadi perubahan energi. Bentuk perubahan energi yang terjadi pada dinamo sepeda adalah ....(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A.  energi kinetik 🡪 energi listrik 🡪 energi cahaya

B.  energi listrik 🡪 energi kimia 🡪 energi cahaya

C.  energi kalor 🡪 energi listrik 🡪 energi cahaya 

D. energi kinetik 🡪 energi listrik 🡪 energi kalor


28. Persediaan energi fosil (minyak, gas, batu bara) di Indonesia yang selama ini kita gunakan semakin berkurang dan diperkirakan akan habis pada 2025. Kita akan memasuki Krisis Energi dan mengandalkan Impor BBM dari negara asing. Untuk mencukupi kebutuhan BBM setiap hari pemerintah mengimpor tidak kurang dari US$ 150 juta bahan bakar minyak, bahkan belanja bahan bakar minyak kita mencatatkan defisit besar dalam neraca perdagangan, jika dibiarkan tentunya akan menghambat pembangunan. Perlu strategi yang tepat untuk menanggulangi krisis dengan pemenuhan kebutuhan energi yang memadai dan berkelanjutan. Indonesia kaya akan sumber daya alam terbarukan yang bisa menjadi solusi ketahanan energi nasional. Salah satu sumber energi minyak bumi adalah solar. Solar digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. 

Sumber energi alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan solar adalah ….(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

A.  Biodiesel yang berasal dari buah jarak

B.  Biogas yang terbuat dari kotoran hewan

C.  kincir air sebagai pembangkit tenaga listrik

D.  geothermal yang berasal dari panas uap bumi


29.  Air sebagai sumber energi mempunyai potensi besar untuk mengatasi krisis energi listrik saat ini. Seiring dengan perkembang teknologi yang semakin maju, banyak diciptakan peralatan-peralatan yang inovatif serta tepat guna. Sebagai contohnya penggunaan kincir air dalam penggunaannya di pembangkit listrik seperti tampak pada gambar berikut.

PLTA

Cara penggunaan energi alternatif air untuk pembangkit listrik adalah …(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P1- 2023/ 2024)

  1. Energi potensial aliran air menghidupkan kincir air untuk menggerakkan generator lalu energi potensial diubah menjadi energi listrik
  2. Energi potensial aliran air memutar kincir air untuk menggerakkan generator lalu energi potensial diganti menjadi energi kinetik mengubahnya menjadi menjadi energi listrik.
  3. Energi potensial dari air diubah menjadi energi kinetik memutar turbin dan mengubah menjadi energi mekanik menggerakkan poros generator mengubahnya menjadi energi listrik.
  4. Energi potensial aliran air memutar kincir air untuk menyalakan generator lalu energi potensial diubah menjadi energi mekanik menggerakkan poros generator mengubahnya menjadi energi listrik.


30. Pembiasan dapat terjadi ketika cahaya melewati suatu bidang batas antara dua medium yang berbeda kerapatannya. Berikut ini gambar yang menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya


Pembiasan

Medium yang dilalui berkas cahaya seperti pada gambar adalah ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.    (I) udara, (II) air

B.    (I) kaca, (II) air

C.   (I) air, (II) udara

D.   (I) kaca, (II) udara


 

31.    Fitri melakukan percobaan bunyi dengan meniup tabung reaksi berisi air seperti gambar berikut. 

Bunyi


Jumlah air yang terdapat dalam tabung reaksi akan mempengaruhi frekuensi nada yang dihasilkan. Tabung yang menghasilkan bunyi nada lebih tinggi dari tabung 1 adalah …(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.    2 dan 4

B.    3 dan 5

C.   2, 3, dan 4

D.   2, 4, dan 5

 

32. Dyah menggambar daur air dilengkapi dengan penjelasan proses setiap tahapannya. Hasil pekerjaan Dyah terlihat seperti gambar berikut.


Daur Air

Dyah menunjukkan hasil tugas tersebut kepada guru dan teman-temannya. Ternyata, hasil pekerjaan Dyah terdapat kesalahan. Kesalahan yang dilakukan Dyah adalah ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 1- 2022 / 2023)

A.    Keterangan gambar pada proses nomor (1) salah

B.    Keterangan gambar pada proses nomor (3) salah, yang lain benar

C.   Ketarangan gambar pada proses nomor (2) dan nomor (3) tertukar

D.   keterangan gambar pada proses nomor (4) tidak benar

3

 33. Perhatikan gambar berikut


Rotasi bumi

Rotasi adalah proses dimana Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur. Sedangkan revolusi adalah proses berputarnya Bumi mengelilingi matahari dalam waktu tertentu. Gerakan Bumi tersebut mengakibatkan beberapa kejadian seperti berikut:

I.      adanya gerak semu tahunan matahari

II.    gerak semu harian matahari dari timur ke barat

III.   terjadinya siang dan malam

IV.  pergantian musim dibelahan Bumi

V.    bagian Bumi utara dan selatan lebih mampat

VI.  perubahan rasi bintang di langit

 

Kejadian tersebut yang merupakan akibat dari gerakan Bumi seperti gambar 2 ditunjukkan nomor ….(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 2- 2022 / 2023)

A.    I, II, dan III

B.    II, III, dan V

C.   III, IV, dan V

D.   I, IV, dan VI

 

34. Bulan yang berkedudukan sebagai satelit Bumi bergerak mengitari Bumi. Bumi berevolusi mengitari Matahari. Pada periode tertentu Bumi, Bulan, dan Matahari akan berada dalam satu lintasan garis lurus. Posisi tersebut akan menyebabkan terjadinya gerhana seperti tampak pada gambar berikut:


Gerhana

Penyebab terjadinya jenis gerhana seperti tampak pada gambar adalah …(ASPD BK DIY IPA  SD / MI - Sesi 2- 2022 / 2023)

A.    Bumi berada di titik paling jauh dari Matahari

B.    bayang-bayang Bulan menutupi setengah bola Bumi.

C.   Bulan berada di titik terjauh dengan Bumi

D.   Bulan berada pada fase purnama


35. Perhatikan gambar berikut

Saturnus


Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah 
bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah Planet. yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips. Berdasarkan jaraknya dari Matahari, kedelapan planet tata surya adalah planet merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Masing-masing dari planet tersebut memiliki ciri-ciri sendiri. 

Berikut beberapa ciri-ciri planet:

1.    planet terpanas

2.    memiliki cincin dari potongan es

3.    tidak memiliki medan magnet

4.    dijuluki sebagai planet merah

5.    planet dengan urutan keenam dari matahari

6.    juga merupakan planet terbesar kedua dalam Tata Surya 

Berdasarkan ciri-ciri planet di atas,ciri-ciri planet yang sesuai gambar adalah ....(TPM 1 Dikpora Kota Yogyakarta IPA SD/MI - P2- 2023/ 2024)

A.    1), 2), dan 3)

B.    2), 5), dan 6)

C.    3), 4), dan 5)

D.    4), 5), dan 6)



SELAMAT BELAJAR






























































































































20. 




























































Posting Komentar untuk "Tes Pendalaman Materi Kelas VI Literasi Sains 2"