Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Jurnal Refleksi Dwimingguan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Jurnal Refleksi Dwimingguan untuk pembelajaran pada Modul 3.2 kali ini saya menggunakan model 4F yang merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Adapun refleksi pembelajaran saya selama dua pekan ini adalah sebagai berikut.

1. Facts (Peristiwa)

Peristiwa yang saya alami dalam kegiatan selama dua pekan ini adalah saya mempelajari modul 3.2 mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Kegiatan alur Merdeka dimulai dari Mulai dari Diri di mana saya menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai ekosistem sekolah, sumber daya yang dapat dimanfaatkan di sekolah, merefleksikan sosok pemimpin di sekolah terkait perannya dalam pengelolaan sumber daya, merefleksikan pemimpin ideal serta merefleksikan peran diri dalam ekosistem sekolah. Kegiatan ekplorasi konsep mempelajari mengenai pengembangan komunitas berbasis kekurangan dan berbasis aset. Selain menyimak paparan materi, menyimak tayangan video mengenai materi tersebut juga menjawab pertanyaan pemantik dan berdiskusi. Pertanyaan pemantik yang perlu dijawab diantaranya mengenai pengembangan komunitas berbasis aset di sekolah, contoh serta pengelolaannya. Eksplorasi konsep forum diskusi menganalisis dua kasus menggunakan pendekatan PKBA.

Selanjutnya, dalam kegiatan ruang kolaborasi, saya berkelompok dengan dua rekan yang sekolahnya berdekatan menganalisis 7 aset yang ada di daerah sekitar sekolah, dalam hal ini Kemantren Tegalrejo, pemanfaatan aset untuk komunitas / sekolah serta pengelolaannya. Hasil analisis aset tersebut dari kelompok saya adalah sebagai berikut.



Kegiatan Elaborasi Pemahaman dengan Bapak Angga selaku instruktur memberikan materi secara jelas mengenai pemimpin dalam pengelolaan aset komunitas, juga diskusi yang dilakukan dengan semua CGP mengenai berbagai permasalahan yang terkait PKBA

Elaborasi modul 3.2


Kegiatan selanjutnya adalah Demonstrasi Kontekstual dan Koneksi Antar Materi. Hal baik yang saya alami selama pembelajaran dalam dua pekan ini adalah saya mendapatkan ilmu baru mengenai ekosistem sekolah, pengelolaan komunitas berbasis aset, serta dapat berkolaborasi dengan rekan CGP untuk mengidentifikasi dan menganalisis aset yang ada di sekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar siswa maupun program sekolah. Hambatan yang saya temui adalah karena pekan ini bersamaan dengan tes pendalaman materi kelas VI dan laptop saya digunakan untuk tes, maka saya tidak dapat memulai kegiatan demonstrasi kontekstual sesuai waktu yang dijadwalkan.


2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat mengikuti kegiatan pembelajaran pada modul 3.2 ini sangat senang karena materi yang dipelajari sangat kontekstual dan lebih mudah dipahami, terlebih saat melakukan ruang kolaborasi. Kami secara langsung dapat mengidentifikasi aset-aset yang ada di sekolah dan sekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pengembangan komunitas. 


3. Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya pelajari dari modul 3.2 ini adalah saya menjadi memahami bahwa terdapat konsekuensi yang harus diterima ketika kita memilih cara pengembangan komunitas. Ketika kita memilih yang berbasis kelemahan maka hasilnya hanya energi negatif / pesimis yang akan diperoleh sehingga komunitas, dalam hal ini sekolah tidak akan mencapai kemajuan karena program sekolah tidak dilakukan. Namun, sebaliknya ketika kita memilih cara pengembangan berbasis aset maka energi positif / optimis yang akan kita peroleh. Hal ini akan memunculkan ide-ide baru yang kreatif dari anggota komunitas untuk menjalankan suatu program untuk kemajuan komunitas. 


4. Future (Penerapan)

Penerapan pembelajaran dari modul ini akan saya terapkan dalam waktu dekat yaitu mengenai kegiatan kelas VI menjelang asesmen daerah diantaranya malam taqarub siswa, doa bersama jelang ujian dan outbond pasca asesmen. Identifikasi dan analisis aset sekolah akan saya lakukan bersama rekan sejawat sesama pengampu kelas VI

Demikian refleksi pembelajaran saya selama dua pekan ini, semoga semakin menambah semangat saya dalam belajar dan mengaplikasikan ilmu yang telah saya peroleh. 


Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"