Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Berkegiatan Literasi yang Menyenangkan

 

Gerakan Literasi  Sekolah

Yuk, Berkegiatan Literasi yang Menyenangkan

A. Pengertian Literasi

Literasi merupakan hal yang tidak asing dalam pendidikan, bahkan gerakan literasi sekolah sekarang sangat digalakkan untuk membudayakan warga sekolah agar mempunyai kemampuan literasi yang baik. Literasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan sebagai kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan seseorang dalam mengolah informasi serta pengrtahuan untuk kecakapan hidup. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) memberikan definisi litearasi dalam konteks kekinian. Definisi literasi tersebut meliputi keuangan, budaya dan kewarganegaraan serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu terdapat pula kekritisan pikiran dan kepekaan terhadap alam sekitar. Literasi juga diartikan lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis, namun merupakan kempuan dalam menggunakan potensi dan skill yang dimiliki seseorang.

Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional menyatakan bahwa terdapat empat hal pokok dalam literasi (www.perpusnas.go.id), diantaranya :

  1. literasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber bacaan dan bahan lainnya
  2. literasi bermakna kemampuan memahami hal yang tersurat maupun tersirat
  3. literasi berarti kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide atau gagasan sesuai informasi serta pengetahuan yang dimiliki
  4. literasi merupakan kemampuan seseorang, organisasi maupun lembaga dalam menghasilkan suatu barang dan jasa sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan sesuai dengan informasi yang ada
Berdasarkan hal tersebut, literasi memang erat kaitannya dengan kemampuan seseorang dalam mengumpulkan pengetahuan, informasi dan menyampaikan gagasan yang dimilikinya. Dalam kehidupan masyarakat modern, literasi dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting. Dengan kemampuan literasi yang baik, masyarakat akan dapat memperoleh dan mengolah informasi penting yang diperoleh dan informasi tersebut akan selalu ada sepanjang zaman sebagaimana kalimat yang menyatakan "Siapa yang menguasai informasi, maka dia yang akan menguasai dunia".  Mengingat pentingnya literasi, maka tak heran jika pemerintah sangat gencar dalam mengajak melaksanakan kegiatan literasi.

Kegiatan literasi sendiri tidak hanya sebatas membaca dan menulis. Terdapat bermacam kegiatan literasi diantaranya :
  1. literasi baca tulis
  2. literasi numerasi
  3. literasi sains
  4. literasi digital
  5. literasi finansial
  6. literasi budaya dan kewarganegaraan


B. Gerakan Literasi Sekolah

Salah satu gerakan literasi yang gencar dilakukan adalah gerakan literasi sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah cenderung diartikan sebagai gerakan membaca saja. Meskipun tidak sepenuhnya salah. Gerakan literasi sekolah merupakan kemampuan mengakses, memahami serta menggunakan dengan cerdas berbagai aktivitas atau kegiatan membaca, menulis, menyimak, melihat dan atau berbicara. Oleh karena itu, ketika membaca dikatakan sebagai literasi tidaklah mengapa karena dengan membaca, siswa dapat menyimak, berbicara, menulis untuk dapat memahami pengetahuan.

Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu gerakan untuk menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti siswa. Gerakan literasi sekolah ini bertujuan untuk:
  • meningkatkan pengetahuan warga sekolah dengan cara membaca sumber-sumber informasi yang bermanfaat
  • membantu meningkatkan pemahaman warga sekolah menarik kesimpulan dari informasi yang dibaca
  • meningkatkan kemampuan warga sekolah dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu tulisan, misalnya karya tulis
  • membantu menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti warga sekolah
  • meningkatkan nilai keprribadian warga sekolah dalam hal baca tulis
  • menumbuhkembangkan budaya literasi warga sekolah sebagai bagian dari masyarakat secara umum
  • membantu warga sekolah memanfaatkan waktu secara efektif, efisien dan bermanfaat


C. Contoh Kegiatan GLS

Lantas, apa saja kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk menggalakkan gerakan literasi sekolah? Berikut ini dua contoh kegiatan yang dapat dilakukan.


1. Kegiatan literasi membaca
Kegiatan yang dapat dilakukan adalah kegiatan menganalisis unsur intrinsik cerpen dan dongeng. ujuan dari kegiatan ini adalah setelah membaca cerita pendek atau dongeng, siswa dapat menganalisis, menuliskan dan mempresentasikan unsur intrinsik dalam cerpen dan dongeng dengan baik dan benar. Langkah kegiatan yang dilakukan adalah :
  • mengajak siswa ke perpustakaan
  • meminta siswa untuk memilih majalah anak kemudian membaca cerpen atau dongeng dalam majalah tersebut
  • menuliskan unsur intrinsik cerpen / dongeng meliputi tokoh, watak, latar/ setting, amanat dan menuliskan sinopsis singkatnya
  • mempresentasikan di depan kelas
Gambaran kegiatan tersebut dapat disimak dalam video pendek berikut


2. Kegiatan literasi sains
Tujuan dari kegiatan ini adalah setelah membaca majalah anak, siswa dapat mengumpulkan informasi tentang sains dan mempresentasikannya dengan baik dan benar. Langkah kegiatannya adalah sebagai berikut
  • mengajak siswa ke perpustakaan
  • meminta siswa untuk memilih majalah anak kemudian membaca informasi-informasi sains dalam majalah tersebut
  • menuliskan minimal enam macam informasi sains yang diperoleh dalam mini book
  • mempresentasikan di depan kelas
Kegiatan literasi sains ini dapat disimak dalam video pendek berikut.


Kedua kegiatan tersebut merupakan kegiatan literasi yang berpusat pada peserta didik yang dapat dicoba. GLS selayaknya dilakukan secara konsisten dan kontinu serta dimasukkan dalam program sekolah agar dapat berjalan efektif. Hal-hal lain yang dapat dilakukan agar Gerakan Literasi Sekolah dapat berjalan efektif apabila warga sekolah :
  • memaknasi kembali arti penting literasi
  • memberikan pendampingan kepada siswa dengan kegiatan litersi yang produktif
  • berkolaborasi dengan seluruh komponen stake holder sekolah
  • integrasi TIK dalam kegiatan literasi
  • memperbanyak koleksi bacaan berkualitas di perpustakaan sekolah dan pojok baca
  • meminta refleksi warga sekolah terhadap buku atau sumber bacaan yang dibaca.

Demikian semoga dapat memberikan manfaat. 

Posting Komentar untuk "Yuk, Berkegiatan Literasi yang Menyenangkan"