Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Manfaat Tumbuhan Sekitar

Mengenal  Manfaat Tumbuhan Sekitar

Materi mengenai manfaat tumbuhan dan hewan merupakan materi yang ada pada tema dua kelas VI. Dalam kegiatan pembelajarannya siswa banyak menemui kendala mengenai nama-nama tumbuhan karena belum mengenal tumbuhan yang dimaksud. Hal ini berakibat siswa kesulitan saat mengerjakan soal ujian yang pada umumnya menampilkan daftar berbagai macam tumbuhan atau hewan dan fungsinya kemudian siswa diminta mencari pasangannya. Soal tipe seperti ini sebenarnya tidak tegolong kategori yang sulit, namun karena siswa terkadang belum mengenal tumbuhan atau hewan yang dimaksud, jawaban mereka menjadi salah. 

Untuk memepelajari materi mengenai manfaat tumbuhan Kali ini kelas VI SD Muhammadiyah Karangwaru mengambil topik mengenal aneka tanaman yang biasanya ditemui di rumah. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah di mana topik Penguatan Profil Pelajar Pancasila-nya berjudul Tradisional Favoritku. Meskipun pada tahun ajaran ini kelas VI belum menggunakan Kurikulum Merdeka, tidak ada salahnya untuk mengadaptasi materi P5-nya


Skenario pembelajaran kali ini adalah siswa dikenalkan dengan bumbu dapur yang sering dijumpai di rumah. Siswa ditugasi membawa aneka bumbu dapur seperti jahe, kunyit, lengkuas, kencur, daun salam, sereh, daun jeruk, lada, merica dan lainnya. Siswa kemudian diminta mengidentifikasi perbedaan bentuk, bau dan tampilan fisik dari setiap bahan yang dibawa. 

   

 

Siswa sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka dapat membedakan berbagai rimpang yang selama ini terlihat sama saja yang dibawa dari bentuknya, kulitnya, bau hingga fungsinya. Demikian juga saat membedakan merica dan lada.

 

 

 

 

 




Setelah siswa mengidentifikasi semua bahan yang dibawa, siswa membuat laporan pengamatan sederhana dan memaparkannya dengan singkat. 

 

 

Menurut saya sebagai guru, pembelajaran kontekstual memang menyenangkan. Selain dekat dengan siswa permasalahan-permasalahan juga bisa dimunculkan untuk membantu siswa belajar. Kegiatan ini juga dapat diarahkan ke Pembalajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) maupun Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).


Galeri Foto
Semua saya unggah karena ini adalah momen yang bagus

 



 

 

 




 





Semangat belajar selalu anak-anakku.


 

Posting Komentar untuk "Mengenal Manfaat Tumbuhan Sekitar"