Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Pernapasan pada Hewan

 v

Sistem Pernapasan Pada Hewan

Makhluk hidup memiliki ciri dapat bernapas, demikian juga dengan hewan. Hewan memiliki sistem pernapasan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan karena tempat tinggal hewan dan jenis juga berbeda.
A. Mamalia
Mamalia merupakan hewan yang menyusui. Contohnya adalah anjing, kucing, kambing, lumba-lumba, paus, dan lainnya. Hewan mamalia bernapas menggunakan paru-paru. 
B. Unggas
Unggas merupakan bangsa burung. Burung bernapas menggunakan paru-paru dan pundi-pundi udara. Paru-paru digunakan saat tidak terbang. Sedangkan saat burung terbang, proses pernapasannya menggunakan paru-paru dibantu oleh pundi-pundi udara. 


Burung memerlukan tambahan pundi-pundi udara karena saat terbang, burung memerlukan udara yang lebih banyak. Fungsi dari pundi-pundi udara diantaranya :
  • pertukaran udara
  • pengatur suhu tubuh
  • pendingin gonade / membantu saat spermatogenesis (pembentukan sel kelamin jantan)
  • menghasilkan suara

C. Amfibi
Amfibi merupakan hewan yang hidup di darat dan di air. Contohnya salamander dan kodok
Hewan amfibi pada umumnya bernapas dengan paru-paru.
Namun, untuk katak karena mengalami fase hidup di dalam air (saat berwujud kecebong), hewan ini juga bernapas dengan insang. Saat dewasa, katak bernapas dengan paru-paru dibantu dengan permukaan kulit yang licin dan lembab.
Kulit katak dapat berperan sebagai alat respirasi karena tipis (tidak mengandung lapisan tanduk), lembab (kulit katak penuh dengan kelenjar lendir / mukus) serta penuh dengan kapiler darah. Ketiga kriteria tersebut merupakan syarat organ dapat berfungsi sebagai organ respirasi. 



Salamander muda bernapas dengan paru-paru, namun saat dewasa paru-parunya tidak berkembang baik sehingga pernapasannya dibantu dengan permukaan kulit.

D. Reptilia
Reptilia bernapas dengan paru-paru. Contoh hewan reptilia diantaranya kadal, ular, buaya dan cicak.
Sistem pernapasannya terdiri atas laring, trakhea atau tenggorokan dan paru-paru. 

E. Insecta / Serangga
Serangga pada umumnya bernapas dengan trakhea. Contoh serangga diantaranya semut, nyamuk, lalat, belalang dan kupu-kupu.
Trakhea bercabang-cabang membentuk saluran yang lebih halus yang disebut trakheola yang merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.
Hubungan trakhea dengan lingkungan luar melalui lubang-lubang pada dinding tubuh yang disebut spirakel. 

F. Ikan
Ikan bernapas dengan insang / Branchia, yang terletak di kanan dan kiri kepala. Tersusun atas 5-7 lembar insang.
Insang tersusun atas lamela / lapisan berdinding tipis penuh dengan pembuluh darah.
Pada ikan gurame dan lele terdapat lembaran insang yang termodifikasi membentuk labirin agar dapat bertahan hidup di lingkungan berkadar oksigen rendah. 


Agar kalian lebih mudah memahami materi di atas, simaklah video penjelasan berikut ini. Wajib di simak ya hanya 5 menit kok hehehe


EVALUASI
Agar kalian lebih memahami materi ini, kerjakanlah soal berikut kemudian kirim jawaban kalian ke WhatsApp ibu, paling lambat jam 22.00 ya.



Semangat belajar selalu... Wabah belum berakhir..Jaga kesahatan yaaa.💕







Posting Komentar untuk "Sistem Pernapasan pada Hewan"