Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Observasi Praktik Pembelajaran Rekan Sejawat

 

Laporan Observasi Praktik Pembelajaran Rekan Sejawat

Laporan Observasi Praktik Pembelajaran Rekan Sejawat

Kegiatan observasi pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan observasi ini umumnya dilakukan oleh kepala sekolah alam bentuk  supervisisi akademik. Namun, seorang gurupun dapat pula melakukan kegiatan tersebut sebagai sarana evaluasi kegiatan pembelajaran, berbagi praktik baik pembelajaran dari rekan sejawat serta menemukan berbagai hal baru dalam kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran selanjutnya. Selain sebagai sarana evaluasi dan lahan belajar, hasil laporan observasi dapat pula diunggah ke Pengelolaan Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar dalam kolom Peningkatan Kompetensi dengan indikator Meningkatnya kompetensi memalui peran sebagai Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat. Poin untuk kgiatan ini dalam pngelolaan kinerja adalah 8 poin dengan catatan 1 observasi selaku pengamat dan pelaku secara bergantian.

Sebagaimana disampaikan dalam indikator tersebut bahwa observasi dilakukan dalam kegiatan persiapan, pelaksanaan dan diskusi tindak lanjut, maka salah satu cara yang dilakukan dalam melakukan observasi ini adalah dengan teknik coaching. Kegiatan ini terdiri atas tiga tahapan yaitu percakapan praobservasi, observasi pembelajaran dan diskusi pasca observasi. Pertanyaan-pertanyaan pada kegiatan praboservasi diantaranya adalah menanyakan tujuan pembelajaran, area pengembangan yang ingin diamati, strategi  yang dipersiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran serta kesepakatan waktu untuk observasi kelas. 

Kegiatan observasi pembelajaran dilakukan dengan cara melakukan pengamatan selama kegiatan pembelajaran meliputi aspek strategi pengembangan dan hal-hal lain yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Kegiatan pascaobservasi dilakukan dengan diskusi mengenai refleksi kegiatan pembelajaran dari guru yang diamati dan observer serta percakapan untuk menentukan rencana tindak lanjut dari berbagai hal yang diidentifikasi pada saat kegiatan observasi. 

Setelah kegiatan selesai, langkah selanjutnya adalah menyusun laporan observasi praktik pembelajaran sebelum diunggah ke PMM. Berikut adalah contoh laporan observasinya. 



Kegiatan ini dapat dilakukan bersama rekan sejawat lainnya dan saling bergantian untuk melakukan observasi sehingga dapat saling melakukan refleksi dan evaluasi bersama. Demikian semoga dapat memberikan manfaat.

1 komentar untuk "Laporan Observasi Praktik Pembelajaran Rekan Sejawat"