Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Modul 3.3

 

Aksi Nyata Modul 3.3

Aksi Nyata Modul 3.3
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid

 

1.    Tujuan pembelajaran Khusus :

a.    CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.

b.    CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut

 

2.    Dalam kegiatan aksi nyata ini, saya melakukan tahapan B (Buat Pertanyaan Utama) dan A (Ambil Pelajaran) sebagaimana yang tertulis dalam canvas BAGJA yang terlampir.

3.    Dokumentasi kegiatan ini dapat disimak pada link youtube


1.    Refleksi model 4F untuk tahap B dan A adalah sebagai berikut

 1.    Peristiwa (Fact)

Gelar Karya Proyek Literasi Sains Kelas VI merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan mengadaptasi kegiatan gelar karya yang telah dilakukan oleh kelas I dan kelas IV di sekolah. Program ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, di mana guru masih banyak yang menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) serta masih belum dilaksanakannya kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang memenuhi kebutuhan pelajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada masih rendahnya capaian poin metode pembelajaran pada raport pendidikan sekolah.

Hal lain yang melatarbelakangi program ini adalah peserta didik kelas VI menyenangi kegiatan pembelajaran dengan metode yang menerapkan kolaborasi dengan temannya. Selain itu, karena kelas VI menggunakan Kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran khusus kelas VI difokuskan pada hasil akhir Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) di mana hasil ASPD tersebut digunakan untuk mencari sekolah pada jenjang selanjutnya. Hal ini menyebabkan pembelajaran di kelas cenderung berpusat pada kisi-kisi ASPD dan latihan soal secara mandiri.

Oleh karena itu, CGP kemudian mengkaji berbagai literasi dari jurnal penelitian untuk mempelajari mengenai kegiatan pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik serta meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Kegiatan lainnya adalah melakukan diskusi dengan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang disukai untuk menjaring suara dan pilihan dari murid mengenai KBM yang diinginkan. Hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah peserta didik menyenangi kegiatan pembelajaran dalam bentuk koaborasi seperti diskusi kelompok, praktik langsung, membaca dan lainnya.

 

2.    Perasaan (Feeling)

Perasaan CGP ketika dan setelah melakukan kegiatan aksi nyata ini sangat senang karena CGP mendapatkan berbagai ilmu baru dari jurnal-jurnal penelitian terbaru mengenai pembalajaran kolaboratif yang berpusat pada peserta didik. CGP juga sangat senang karena dapat mengetahui perasaan dan keinginan peserta didik mengenai kegiatan pembelajaran yang disukai. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi peserta didik.

 

3.    Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan aksi nyata tahap B (Buat Pertanyaa Utama) ini adalah pentingnya melakukan diskusi dengan peserta didik sehingga mereka dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan diskusi bersama peserta didik, rasa kepemilikan dan keterlibatan mereka dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik sebagai bentuk konsekuensi dari pilihan hati mereka. Hasil dari suara, pilihan serta kepemilikan yang dilakukan oleh peserta didik sendiri akan dapat mewujudkan student agency. Selain itu, CGP juga senantiasa harus mengembangkan diri dengan banyak belajar dari referensi-referensi yang terbaru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya.

 

4.    Penerapan Ke Depan (Future)

Melalui kegiatan diskusi dengan peserta didik dan membaca berbagai referensi, diharapkan CGP dapat lebih melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta melaksanakan hal-hal yang telah disepakati bersama dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Refleksi 4 P / 4 F
Tahap A (Ambil Pelajaran)

1.    Peristiwa (Fact)

Gelar Karya Proyek Literasi Sains Kelas VI merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan mengadaptasi kegiatan gelar karya yang telah dilakukan oleh kelas I dan kelas IV di sekolah. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh CGP setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak menjadi lebih berpusat pada peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inovatif dan berpusat pada peserta didik sehingga banyak sekali karya atau proyek yang dihasilkan siswa selama kegiatan pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu oleh CGP, yaitu IPA (Literasi Sains) dan PKN.

Hal lain yang melatarbelakangi program ini adalah kelas VI menggunakan Kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran khusus kelas VI difokuskan hasil ASPD. Kesenjanganpun terjadi dalam hal kegiatan kelas VI dan kelas lainnya yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka, di mana adik-adik kelas sudah melakukan gelar karya dari produk-produk yang dihasilkan selama proyek P5. Selain itu, meskipun siswa kelas VI telah terbiasa menjalankan KBM dengan metode pembelajaran yang kolaboratif, rasa percaya diri peserta didik untuk mempresentasikan karya masih rendah. Mereka masih malu-malu untuk melakukan presentasi di depan kelas.

Oleh karena itu, CGP kemudian melakukan diskusi dengan siswa mengenai kegiatan atau program untuk mengakomodasi tindak lanjut hasil karya atau proyek yang telah dibuat selama KBM untuk menjaring suara dan pilihan dari murid mengenai program untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Setelah mendapatkan kesepakatan dengan peserta didik mengenai kegiatan yang dipilih, selanjutnya CGP berdikusi dan menggali informasi mengenai program tersebut dengan rekan sejawat yang pernah melakukan kegiatan yang disepakati siswa.

Hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah diperoleh keputusan untuk melakukan gelar karya dan dari hasil penggalian informasi dari rekan sejawat, diperoleh berbagai informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan gelar karya seperti gambaran tujuan, hal yang dipersiapkan, pihak yang terlibat, teknis pelaksanaan, kendala yang dihadapi serta respon  dari pihak lain mengenai gelar karya yang pernah dilakukan.

 

2.    Perasaan (Feeling)

Perasaan CGP ketika dan setelah melakukan kegiatan aksi nyata ini sangat senang karena CGP dapat menghimpun suara, pilihan dari peserta didik mengenai program yang mereka sepakati bersama. CGP juga sangat bangga karena peserta didik sangat bersemangat dalam mempersiapkan pelaksanaan program tersebut yang ditandai dengan perancangan stand pameran / gelar karya pada pertemuan selanjutnya. CGP juga sangat senang karena dapat pengetahuan mengenai pelaksanaan gelar karya secara lengkap dari rekan sejawat yang telah sukses melakukan gelar karya.

 

3.    Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan aksi nyata tahap A (Ambil Pelajaran) ini adalah pentingnya melakukan diskusi dengan peserta didik sehingga mereka dapat terlibat secara langsung dalam penyusunan program. Dengan melakukan diskusi bersama peserta didik, rasa kepemilikan dan keterlibatan mereka dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik sebagai bentuk konsekuensi dari pilihan hati mereka. Hasil dari suara, pilihan serta kepemilikan yang dilakukan oleh peserta didik sendiri akan dapat mewujudkan student agency. Selain itu, CGP juga senantiasa harus berdiskusi dengan rekan sejawat terkait program-program yang akan dilaksanakan, menggali ilmu dari rekan sejawat maupun referensi lainnya agar dapat lebih mempersiapkan pelaksanaan program-program yang dirancang

 

4.    Penerapan Ke Depan (Future)

Penerapan ke depan adalah menyampaikan hasil diskusi dengan rekan sejawat mengenai gelar karya yang telah dilakukan kepada peserta didik. Selanjutnya CGP melibatkan peserta didik dalam perencanaan program yang telah disepakati, persiapan pelaksanan program mulai dari perancangan stand pameran, penentuan karya yang akan dipamerkan, susunan kepanitian kelompok pameran, pelaksanaan pameran, evaluasi hingga dokumentasi peserta didik.

Dokumentasi Foto kegiatan







Demikian semoga bermanfaat


1 komentar untuk "Aksi Nyata Modul 3.3"