Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

 

Demosntrasi Kontekstual Modul 2.3

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik


Modul 2.3 Pendidikan Guru Penggerak merupakan modul yang berisi mengenai materi coaching untuk  supervisi akademik. Salah satu tugas dari CGP adalah membuat demonstrasi kontekstual mengenai coaching. Kegiatan demonstrasi kontekstual ini terdiri atas 3 siklus dengan mempraktikan percakapan coaching secara triad, Tahapan dari siklus tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahap 1

  1. Supervisor (CGP A) melakukan percakapan pra supervisi, melakukan supervisi, dan pasca-supervisi kepada supevisee/coach (CGP B).
  2. Supervisor (CGP A) akan melakukan percakapan pra supervisi mengenai kompetensi inti coaching (presence, mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot) kepada coach dengan menggunakan Tabel 5. Rubrik Penilaian Sesi Ruang Kolaborasi sebagai acuan.
  3. Supervisor (CGP A) melakukan observasi terhadap proses percakapan coaching yang dilakukan antara supervisee/coach (CGP B) dan coachee (CGP C), serta mencatat hal-hal yang diamati.

Skema siklus 1 digambarkan dalam ilustrasi berikut

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3


Tahap 2

  1. Coach (CGP B) melakukan percakapan coaching kepada coachee (CGP C).
  2. Dalam melakukan percakapan coaching, Coach (CGP B) dapat menjadikan TIRTA, RASA, dan kompetensi coaching sebagai acuan, sementara coachee (CGP C) dapat menyampaikan topik terkait target pribadi.
Skema siklus 1 digambarkan dalam ilustrasi berikut.

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3


Tahap 3

  1. Supervisor (CGP A) melakukan percakapan pasca-supervisi dengan memberikan umpan balik berbasis coaching kepada supevisee/coach (CGP B) berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai pengembangan kompetensi coaching berdasarkan data sesuai hasil pengamatan.
  2. Setelah siklus 1 praktik supervisi akademik selesai, CGP berganti peran dan melakukan rangkaian praktik supervisi akademik mengikuti ketiga tahap tsb untuk siklus kedua sampai siklus ketiga. Pergantian peran masing-masing CGP dapat digambarkan sebagai berikut.
  3. Rangkaian percakapan coaching ini direkam. Rekaman yang akan diunggah adalah rekaman saat CGP berperan sebagai Supervisor/pengamat karena CGP akan dinilai saat berperan sebagai Supervisor. 
Skema siklus 1 digambarkan dalam ilustrasi berikut.

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3



Contoh hasil demonstrasi kontekstual modul 2.3 disajikan dalam video berikut.

Semangat mempraktikkan percakapan coaching untuk supervisi akademik guna mengembangkan potensi dari rekan sejawat. 

1 komentar untuk "Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik"