Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya dan Pengaruhnya terhadap Benda

 

Gaya dan Pengaruhnya terhadap Benda

Gaya merupakan tarikan dan dorongan pada suatu benda. Contohnya menarik kursi, mendorong mobil, mengayuh sepeda, membuat patung, memukul bola kasti, dan lain sebagainya. Setiap kegiatan kita sehari-hari selalu berkaitan dengan gaya, gerak dan juga energi. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
1. Macam-macam Gaya
Macam-macam gaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari diantaranya :
  • gaya gravitasi
  • gaya gesek
  • gaya otot
  • gaya pegas
  • gaya magnet
  • gaya listrik
a. Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi merupakan gaya yang ditimbulkan oleh sebuah benda untuk menarik benda lain ke pusatnya. Contohnya sebuah benda dapat jatuh ke bawah karena tertarik oleh gaya gravitasi bumi, buah mangga jatuh ke bawah dari pohon.


b. Gaya Gesek
Gaya yang timbul pada sebuah benda yang bersinggungan karena salah satu atau dua buah benda tersebut bergerak. Semakin halus permukaan bendanya, gaya geseknya semakin kecil, energi yang digunakan semakin kecil, demikian pula sebaliknya. 
Contoh saat kita mendorong benda yang tidak beroda akan lebih berat apabila dibandingkan dengan yang tidak beroda, contoh lainyya saat ban sepeda yang halus permukaannya akan lebih mudah tergelincir dibandingkan permukaan ban yang kasar. 
Permukaan ban yang halus menghasilkan gaya gesek yang kecil, sedangkan permukaan ban yang kasar menghasilkan gaya gesek yang besar. 

c. Gaya Magnet
Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh benda magnetis. 
d. Gaya Pegas
Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh benda yang lentur (mengalami pemampatan maupun perenggangan). Contoh gaya yang ditemui pada ketpel, per, shock beker sepeda motor.

e. Gaya Listrik
Gaya listrik ditimbulkan oleh benda-benda yang menhasilkan muatan atau arus listrik. Gaya listrik ada dua yaitu gaya yang ditimbulkan oleh listrik dinamis (muatan listrik yang mengalir) dan listrik statis (muatan listrik yang tidak mengalir)
f. Gaya Otot
Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh kontraksi dan relaksasi (gerak) otot manusia atau hewan. Contohnya mendorong meja, menendang bola, dan lainnya


2. Pengaruh Gaya terhadap Benda
Gaya yang bekerja pada benda ini juga berpengaruh pada benda yang dikenainya. Pengaruh gaya terhadap benda tersebut diantaranya :
  • mengubah bentuk benda
Gaya dapat mengubah bentuk benda dapat kita temui pada peristiwa mobil yang menabrak pohon hingga ringsek, meremas kaleng, meremas kertas, membuat gerabah, dan membuat mainan dari plastisin
  • mengubah arah gerak benda
Gaya dapat mengubah arah gerak benda dapat kita jumpai saat kita mengoper bola dan ditangkis oleh lawan, saat kita mengoper bola kasti dan ditangkis oleh lawan, saat kiper sepak bola menangkis bola yang ditujukan ke arahnya.
  • mengubah benda diam menjadi bergerak
Gaya dapat pula menjadikan benda diam menjadi bergerak misalnya saat kita mendorong mobil yang mogok, mengayuh sepeda dan mendorong meja.
  • gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam
Pengaruh gaya ini dapat kita jumpai saat kita mengerem sepeda. 


Simak video berikut ya, agar kalian lebih paham..hanya 4 menit saja dan wajib disimak.

Tugas
Anak-anakku untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi ini kerjakanlah buku SPM kalian : Latihan Soal Model USBN 4.1 halaman 212 -213
Kirimkan jawaban kalian ke WhatsApp ibu paling lambat jam 21.00 pada hari yang sama. 

Bagi kalian yang belum memiliki buku, ini adalah fotonya.




Semangat belajar selalu, USBD semakin dekat. 





Posting Komentar untuk "Gaya dan Pengaruhnya terhadap Benda"