Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simbiosis

 


Simbiosis

Di alam, Allah menciptakan banyak sekali makhluk hidup dengan aneka ragam macamnya. Makhluk hidup tersebut saling berinteraksi satu sama lain. Jenis interaksinyapun bermacam-macam, ada yang saling menguntungkan, salah satu diuntungkan dan yang lain dirugikan, salah satunya untung dan pihak lain tidak terpengaruh, serta salah satu pihak dirugikan sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh. Hubungan semacam ini disebut simbiosis. Jadi, simbiosis diartikan sebagai hubungan dua makhluk hidup yang berbeda. Simbiosis terdiri dari 4 macam, yaitu mutualisme, komensalisme, parasitisme dan amensalisme. Materi tentang simbiosis ini merupakan salah satu materi yang ada pada indikator kisi-kisi ujian kelas 6 yang berupa peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Mari kita pelajari satu per satu.

A. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme merupakan simbiosis di mana kedua makhluk hidup di untungkan. (cara mengingatnya MUTUALUSME = U nya ada 2.. untung untung.. untung semua)


Contoh simbiosis mutualisme diantaranya 
  • bunga dengan kupu-kupu, bunga dengan lebah, Raflesia dengan lalat
Pada simbiosis ini kupu-kupu, lebah dan lalat mendapatkan keuntungan memperoleh nektar dari bunga sedangkan bunga terbantu penyerbukannya.
  • burung jalak dan kerbau
Keuntungan yang diperoleh kerbau adalah terbebas dari kutu, sedangkan burung jalak mendapat makanan
  • anemon laut dan ikan badut
Anemon laut terbantu dalam membersihkan parasit yang ada, sedangkan ikan badut memperoleh tempat tinggal dan makanan.
  • bakteri E. Coli di usus manusia
Keuntungan yang diperoleh oleh bakteri adalah memperoleh makanan sedangkan manusia terbantu dalam proses pembusukan makanane. 
  • buaya dan burung plover
Buaya mendapat keuntungan sela gigi dan mulutnya bersih sedangkan burung plover mendapat makanan yang ada di sela-sela gigi buaya.
  • pohon dan semut rang-rang
Dalam simbiosis ini, pohon diuntungkan karena terlindungi dari hama sedangkan semut rangang dapat membangun sarang di pohon sehingga memiliki tempat tinggal.
  • akar tanaman kacang-kacangan dengan bakteri Rhizobium
Simbiosis ini terjadi berkaitan dengan kebutuhan nitrogen pada tumbuhan. Tanaman kacang-kacangan terbantu dalam proses perolehan nitrogen, sedangkan bakteri Rhizobium mendapatkan makanan dari akar tanaman kacang
sumber gambar : google image

  • Ikan hiu dan dan ikan remora
Simbiosis antara ikan hiu ikan remora ini dapat menjadi simbiosis mutualisme dan komensalisme. Keduanya bersimbiosis mutualisme jika ikan remora memakan parasit yang ada pada tubuh ikan hiu. Ikan hiu terbebas dari parasit dan ikan remora memperoleh makanan.

B. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme merupakan simbiosis di mana salah satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan (tidak terpengaruh). Cara mengingatnya : Komen.. Satu untung satu tak apa


Contoh simbiosis komensalisme diantaranya :
  • ikan hiu dan ikan remora
Simbiosis ikan hiu dan ikan remora merupakan simbosis komensalisme jika ikan remora memakan sisa makanan ikan hiu. Ikan remora mendapat makanan sedangkan ikan hiu tidak terpengaruh. 
  •  anggrek dan paku-pakuan dan pohon inang
Dalam simbiosis ini, anggrek dan paku-pakuan diuntungkan karena mendapatkan tempat hidup sedangkan pohon inangnya tidak terpengaruh. Anggrek dan paku-pakuan tidak menyerap sari makanan dari pohon inang karena kedua tanaman ini dapat melakukan fotosintesis sendiri. 
  • sirih dan pohon inang
Tumbuhan sirih memerlukan tanaman inang untuk melekat dan merambat. Dalam hal ini tumbuhan sirih diuntungkan karena mendapatkan tempat hidup sedangkan tumbuhan inang tidak terpengaruh.
  •  udang dan mentimun laut
Hubungan yang terjadi antara kedua makhluk hidup ini merupakan simbiosis komensalisme karena udang mendapatkan sisa makanan dari mentimun laut, dan mentimun laut tidak diuntungkan maupun dirugikan
  • ikan gobi dan bulu babi
Ikan gobi, dalam hidupnya tinggal di sekitar bulu babi. Hal ini dilakukan karena bulu babi memiliki duri yang tajam. Namun, keberadaan ikan gobi tidak mempengaruhi bulu babi. 


C. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme merupakan simbisosi di mana salah satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lainnya dirugikan. Cara mengingatnya : Semua parasit pasti merugikan. 


Contoh simbiosis parasitisme diantaranya :
  • tali putri dengan tanaman inang
Hubungan ynag terjadi antara tali putri dengan pohon inang merupakan simbiosis parasitisme karena tal putri diuntungkan dapat mengisap sari makanan dari tumbuhan inang, sedangkan tumbuhan inang lama-lama akan mati. 
  • kutu di kepala manusia / hewan mamalia
Kutu yang hidup di kepala manusia atau hewan mamalia merupakan simbiosis parasitisme karena manusia dirugikan dengan dihisapnya darah oleh kutu yang menimbulkan gatal. Kutu memperoleh keuntungan mendapatkan sari makanan dari darah yang dihisap.
  • benalu dengan pohon inang
Sama halnya dengan hubungan antara tali putri dan pohon inang, benalupun merugikan pohon inang dengan menghisap sari makanan inang yang dapat mengakibatkan kematian dari pohon inang tersebut. 
  • Raflesia dengan pohon inang
Hubungan antara Raflesia dengan pohon inang pun memberikan keuntungan pada Raflesia karena tumbuhan ini menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan inangnya. 
  • cacing di tubuh manusia atau mamalia 
Cacing merupakan salah satu makhluk hidup parasit yang hidup di tubuh manusia. Banyak sekali ragamnya misal cacing kremi (yang ada di anus), cacing tambang, cacing gelang dan cacing pita (yang ada di usus) serta cacing hati yang berada di hati. Semua cacing tersebut mendapatkan keuntungan karena menyerap sari-sari makanan dari hewan inang (manusia/ hewan mamalia). Manusia dirugikan karena dapat mengalami kekurangan gizi dan terhambat pertumbuhannya. 

D. Simbiosis Amensalisme
Simbiosis amensalisme merupakan simbiosis yang berkebalikan dengan simbiosis komensalisme. Jika komensalisme, satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya tidak terpengaruh, maka simbiosis amensalisme merupakan simbiosis di mana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh. 


Contoh simbiosis amensalisme diantaranya
  • jamur Penisilin dengan bakteri
Jamur penisilin merupakan jamur yang dimanfaatkan untuk pembuatan antibiotik. Dengan adanya antibiotik yang masuk ke dalam tubuh, maka bakteri yang menyerang tubuh dapat diatasi. Kematian dari bakteri tidak memberikan pengaruh apapun bagi jamur penisilin, sehingga dapat dikatakan bahwa keduanya bersimbiosis amensalisme
  • gulma dengan tanaman padi
Gulma merupakan tanaman pengganggu yang dapat menghambat pertumbuhan padi. Tanaman padi yang terhambat pertumbuhannya tidak akan mempengaruhi pertumbuhan gulma, sehingga dalam hal ini tanaman padi dirugikan namun gulma tidak terpengaruh.
  • pohon besar (contohnya walnut, pinus, bambu) dengan rerumputan di sekitarnya 
Adanya pohon besar menjadikan rerumputan yang tumbuh di bawahnya mengalami hambatan pertumbuhan, bahkan kadang mematikan karena rerumputan tidak memperoleh cahaya matahari yang cukup, sehingga tidak dapa berfotosintesis secara maksimal.

Agar kalian lebih memahami materi ini, simak penjelasan bu Tari ya....tidak sampai 10 menit kok  (WAJIB DISIMAK YA karena tidak ada di buku paket tema)




Materi simbiosis ini dapat kalian unduh pada link berikut

Presentasi dan lagu simbiosis dapat kalian unduh pada link berikut.

Tugas :

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar 

1. Tanaman anggrek menempel pada pohon tinggi akan memperoleh keuntungang, karena ....(soal Asesmen Standar Penilaian Daerah / ASPD Tahun 2020)
A. menyerap sari makanan
B. membantu proses penyerbukan
C. mendapat oksigen yang cukup
D. mendapatkan sinar matahari

2. Hubungan antara makhluk hidup berikut yang membentuk simbiosis komensalisme adalah ....(soal Tes Pendalaman Materi BKS Muhammadiyah Kota Yogyakarta ke-2 Tahun 2020)
A. Tali putri menempel pada tanaman perdu
B. Enceng gondok di sekitar tanaman padi
C. Benalu menempel pada pohon jambu
D. Sirih menempel pada pohon kelor

3. Hubungan dua makhluk hidup yang membentuk simbiosis komensalisame adalah ....(soal Tes Pendalaman Materi BKS Muhammadiyah Kota Yogyakarta ke-1 Tahun 2020)
A. Tali putri dengan tanaman teh-tehan
B. Benalu dengan pohon mangga
C. Rumput dengan tanaman padi
D. Suplir dengan pohon kelapa

4. Burung pelatuk membuat sarang dan bertelur pada pohon yang ditinggali semut. Hubungan antara burung pelatuk dan semut terjadi karena ....(soal Tes Pendalaman Materi BKS Muhammadiyah Kota Yogyakarta ke-1 Tahun 2020)
A. burung pelatuk mendapat makanan, semut mendapat perlindungan
B. burung pelatuk tidak terpengaruh, semut terlindungi dari serangan predator
C. semut tidak terpengaruh, telur burung pelatuk mendapat perlindungan dari pemangsa
D. telur burung pelatuk dilindungi semut, semut mendapat perlindungan dari burung pelatuk 

5. Hubungan antar makhluk hidup yang membentuk simbiosis parasitisme adalah ....(soal Tes Pendalaman Materi Dinas Kota Yogyakarta ke-1 Tahun 2020)
A. Raflesia menempel pada akar pohon
B. katak yang berada di bawah pepohonan
C. bunga anggrek menempel di pohon mangga
D. kelelawar berbulu wol dengan kantong semar

6. Kerbau dan burung jalak membentuk simbiosis mutualisme karena ....
A. burung jalak rugi karena ketika akan makan kutu diusir oleh kerbau, sedangkan kerbau tidak untung dan tidak rugi
B. kerbau dirugikan burung jalak karena ditumpangi, dan burung jalak mendapat kutu kerbau
C. kerbau tidak untung dan tidak rugi tetapi burung jalak untung mendapat kutu
D. kerbau untung tubuhnua bersih dari kutu, sedangkan burung jalak juga diuntungkan karena mendapat makanan dari kutu

7. Contoh hubungan dua makhluk hidup yang membentuk simbiosis mutualisme adalah ....
A. tali putri dengan tanaman teh-tehan
B. ikan badut dan bunga karang
C. cacing pita di dalam tubuh hewan
D. bakteri Coli di usus manusia

8. Contoh simbiosis komensalisme adalah ....
A. ikan remora yang selalu berenang di bawah ikan hiu
B. benalu yang menempel pada pohon mangga
C. burung yang memakan buah benalu
D. burung jalak memakan kutu pada tubuh kerbau


II. Jawablah dengan benar 
1. Hubungan yang terjadi antara ikan hiu dan ikan remora di mana ikan remora memakan sisa makanan ikan hiu adalah simbiosis ....
2. Hubungan yang terjadi antara ikan hiu dan ikan remora di mana ikan remora memakan parasit atau jamur di tubuh ikan hiu adalah simbiosis ....


Kirimkan jawaban kalian ke nomor WhatsApp ibu sebelum pukul 21.00 pada hari yang sama. 

Tetap semangat belajar dari rumah ya, terus rajin belajar tuk hadapi Ujian Kelulusan Kelas VI

Posting Komentar untuk "Simbiosis"